Definisi Aset dari Berbagai Sumber

Teori Akuntansi

Menurut FASB
Aset didefinisikan dalam rerangka konseptualnya (SFAC No. 6, prg. 25) adalah sebagai manfaat ekonomik masa datang yang cukup pasti yang diperoleh atau dikuasai/dikendalikan oleh suatu entitas sebagai akibat transaksi atau kejadian masa lalu.
atau dalam bahasa Inggrisnya

Assets are probable future economic benefits obtained or controlled by a perticular entity as a result of past transactions or events.

 

Menurut IASC
Aset didefinisikan sebagai suatu sumber daya yang dikendalikan oleh perusahaan sebagai hasil kejadian masa lalu yang mana manfaat ekonomis masa depan diharapakan didapatkan oleh perusahaan.
atau dalam bahasa Inggrisnya

An assets is resource controlled by the enterprise as a result of past events and from which future economic benefits are expected to flow to the enterprise.

 

Menurut AASB
Aset didefinisikan dalam Statement of Accounting Concepts No. 4, Australian Accounting Standard Board (AASB) adalah sebagai potensial jasa atau manfaat ekonomis yang dikendalikan oleh pelaporan entitas sebagai hasil transaksi masa lalu atau kejadian masa lalu lainnya.
atau dalam bahasa Inggrisnya

Assets are service potential or future economic benefits controlled by the reporting entity as a result of past transaction or other past events.

 

Menurut APB
Aset didefinisikan dalam Accounting Principal Board (APB) Statement (1970:132) adalah sebagai kekayaan ekonomi perusahaan, termasuk didalamnya pembebanan yang ditunda, yang dinilai dan diakui sesuai prinsip akuntansi yang berlaku.
APB No. 4 mengenai aset yang digolongkan sebagai sumber ekonomik, yaitu :Sumber produktif (productive resources). Produk yang merupakan keluaran satuan usaha terdiri atas barang jadi yang menunggu penjualan dan barang dalam proses. Uang. Klaim untuk menerima uang.Hak pemilikan atau investasi pada perusahaan lain.
APB juga menggolongkan aset sebagai sumber nonekonomik, yaitu diantaranya
goodwill, rugi selisih kurs, kos organisasi, dan beberapa kos yang timbul akibat penyesuaian (pos-pos transitoris)

Menurut IFRS
Aset (asset) didefinisikan sebagai suatu sumber yang dikendalikan oleh entitas sebagai akibat dari peristiwa masa lalu (misalnya pembelian atau penciptaan sendiri) dan dari manfaat ekonomis masa depan (arus kas masuk atau aset lain-lain) yang diharapkan.

Klik Di sini Untuk Jawaban Teori Akuntansi

I Love Accounting

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s