Investasi di sektor telekomunikasi merupakan pilihan yang tepat bagi para Investor

Sebagai mahasiswa Ekonomi jurusan akuntansi saya tertarik membahas “Dampak investasi di sektor telekomunikasi selular terhadap pertumbuhan ekonomi daerah” namun sebelum kita membahas hal tersebut ada baiknya kita tela’ah bagaimana teori pertumbuhan ekonomi dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi daerah itu sendiri sebenarnya apa?

Menurut teori pertumbuhan yang dikemukakan oleh bapak Ekonomi Adam Smith; bahwa masyarakat akan bergerak dari masyarakat tradisional ke masyarakat modern yang kapitalis. Dalam prosesnya, pertumbuhan ekonomi akan semakin terpacu dengan adanya sistem pembagian kerja antar pelaku ekonomi. Pembagian kerja merupakan titik sentral dalam upaya meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi :

1. Faktor Sumber Daya Manusia

 Pertumbuhan ekonomi sangat dipengaruhi oleh SDM. Sumber daya manusia merupakan faktor terpenting dalam proses pembangunan, cepat lambatnya proses pembangunan tergantung kepada sejauhmana sumber daya manusianya selaku subjek pembangunan memiliki kompetensi yang memadai untuk melaksanakanproses pembangunan. karena  faktor sumber daya manusia yang mulai tersebar ke daerah-daerah maka ini merupakan hal penting bagi pertumbuhan ekonomi daerah

2. Faktor Sumber Daya Alam

Sebagian besar negara berkembang seperti halnya Indonesia yang bertumpu kepada sumber daya alam dalam melaksanakan proses pembangunannya. Namun demikian, sumber daya alam saja tidak menjamin keberhasilan proses pembanguan ekonomi, apabila tidak didukung oleh kemampaun sumber daya manusianya dalam mengelola sumber daya alam yang tersedia. Sumber daya alam yang dimaksud dinataranya kesuburan tanah, kekayaan mineral, tambang, kekayaan hasil hutan dan kekayaan laut. Ini merupakan hal penting, dalam investasi di sektor telekomunikasi, kita tidak perlu merusak alam, sebagaimana yang dilakukan oleh perusahaan-perusahan tambang migas. Kita hanya perlu sebidang tanah sebagai kantor di daerah dan juga beberapa bidang tanah yang tersebar di daerah tersebut untuk membangun menara sinyal.

 

 

 

3. Faktor Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ini yang sangat menarik. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin hari semakin maju pesat mendorong adanya percepatan proses pembangunan, pergantian pola kerja yang semula menggunakan tangan manusia digantikan oleh mesin-mesin canggih berdampak kepada aspek efisiensi, kualitas dan kuantitas serangkaian aktivitas pembangunan ekonomi yang dilakukan dan pada akhirnya berakibat pada percepatan laju pertumbuhan perekonomian.  Kemajuan teknologi seperti handphone yang hampir setiap 3 bulan ada saja handphone keluaran terbaru dan setaip hari selalu saja ada yang membeli handphone dan hampir setiap orang memiliki handphone semakin menguatkan eksistensi ekonomi telekomunikasi selular, karena setiap handphone memerlukan jaringan untuk memaksimalkan penggunaannya ditambah berbagai macam media sosial saat ini rasanya kurang afdol jika handphone hanya digunakan untuk telepn dan sms.

 

 

4. Faktor Budaya

Faktor budaya memberikan dampak tersendiri terhadap pembangunan ekonomi yang dilakukan, faktor ini dapat berfungsi sebagai pembangkit atau pendorong proses pembangunan tetapi dapat juga menjadi penghambat pembangunan. Budaya yang dapat mendorong pembangunan diantaranya sikap kerja keras dan kerja cerdas, jujur, ulet dan sebagainya. Adapun budaya yang dapat menghambat proses pembangunan diantaranya sikap anarkis, egois, boros, KKN, dan sebagainya. Ini yang sangat sulit dihilangkan dalam Negara Indonesia ini, namun sulit bukan berarti tidak bisa, kita hanya perlu belajar bahwa egois, KKN dll itu berdampak sangat buruk. Selain kepada diri sendiri, kita juga akan menyeret khalayak ramai.

5. Sumber Daya Modal

Apa gunanya jika dari faktor 1-4 sudah terpenuhi namun tidak memiliki sumber daya modal yang memadai? Sumber daya modal dibutuhkan manusia untuk mengolah SDA dan meningkatkan kualitas IPTEK. Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas

 

 

Dari kelima faktor di atas, sudah terlihat jelas bahwa sektor telekomunikasi selular berdampak

Bagus untuk pertumbuhan ekonomi dareah. Seperti yang kita ketahui selama ini investasi yang tepat dan tidak merugikan hanya ada dua, yakni investasi di sektor tanah dan juga investasi di sektor emas namun dewasa ini, investasi di sektor telekomunikasi merupakan investasi yang sangat menjanjikan. Setelah memiliki semua faktor di atas kita kembalikan ke Investor.  Apakah ingin memajukan ekonomi daerah sekaligus mendapatkan keuntungan yang kemungkinan tingkat pengembalian modalnya sangat tinggi mengingat pesatnya kejuan teknologi atau berinvestasi di sesuatu yang tidak jelas.

 

One thought on “Investasi di sektor telekomunikasi merupakan pilihan yang tepat bagi para Investor

  1. Ping-balik: Investasi di sektor telekomunikasi merupakan pilihan yang tepat bagi para Investor | Fauzirahman27's Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s